Sabtu, 08 Oktober 2011

ISBD Bab 1 "Pengantar ISBD"

1.        Kajian ISD:
·           Individu, keluarga, dan masyarakat.
·           Masyarakat kota dan masyarakat desa.
·           Masalah penduduk.
·           Pelapisan sosial.
·           Pemuda dan sosialisasi.
·           Ilmu pengetahuan, teknologi, dan kemiskinan.
2.   Masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. => Menurut Soerjono Soekanto
3.        Perbedaan antara pengetahuan budaya dan ilmu sosial dasar (IBD) adalah pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai manusia sebagai makhluk berbudaya, sedangkan IBD mengkaji masalah kemanusiaan dan budaya.
4.      Kompetensi dasar yang ingin dicapai setelah belajar ISBD adalah menjadi ilmuwan dan profesional yang berpikir kritis, kreatif, sistemik dan ilmiah, berwawasan luas, etis, memiliki kepekaan dan empati terhadap solusi pemecahan masalah sosial dan budaya secara arif.
5.    ISBD diberikan pada mahasiswa yang memiliki latar belakang ilmu alam dimaksudkan agar pendekatan sosial dan budaya senantiasa dipertimbangkan dan melandasi setiap upaya mencari solusi atas pemecahan dari masalah yang mereka hadapi. Dengan demikian, mahasiswa sebagai calon ilmuwan dan profesional harapan bangsa mampu bertindak secara arif dan bijaksana.

2 komentar:

  1. thanks, informasinya sangat bermanfaat, prsis sprt yg sdng sya pelajari

    BalasHapus
  2. Cukup memberikan jawaban yg sesuai saya cari

    BalasHapus